Posisi menentukan prestasi Dan Prestasi menetukan Posisi

Minggu, 01 Juli 2012

Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini!

Setiap perempuan diharapkan peduli dengan kesehatan payudara mereka dengan cara melakukan skrining atau pemeriksaan payudara secara rutin. Hal ini penting dilakukan karena semakin dini kanker terdeteksi, makin besar pula peluang pasien untuk sembuh.
Spesialis bedah onkologi dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Sonar Sonny Panigoro, mengatakan, perkembangan kanker payudara pada tahap awal memang tidak khas dan sering tanpa gejala sehingga membuat banyak perempuan beranggapan bahwa diri mereka sehat dan tak perlu memeriksakan diri ke dokter.
"Padahal, kalau ditemukan dalam stadium dini, usia harapan hidup mereka sama dengan orang normal dan kesempatan untuk sembuh juga besar," ujarnya, di sela-sela acara Kampanye Delapan Tingkatkan Kesadaran Kanker Payudara di Auditorium Rumah Sakit Pondok Indah, Selasa (8/5/2012), di Jakarta.
Menurut Sonar, di negara yang sudah maju, angka kematian kanker payudara relatif rendah karena tingkat kesadaran sudah jauh lebih tinggi. Adapun angka kematian kanker payudara di negara berkembang masih cukup tinggi karena hampir 50 persen kasus ditemukan sudah dalam tahap lanjut.
Apabila kanker ditemukan sudah dalam stadium tinggi, usia harapan hidup semakin kecil. Kanker payudara umumnya sering ditemukan pada perempuan berusia 40-50 tahun. Meski begitu, kanker payudara juga bisa menyerang perempuan yang berusia lebih muda. Bahkan, kata Sonar, ia pernah menemukan pasien kanker payudara yang baru berumur 19 tahun.
"Jadi semakin orang berusia, risiko terkena kanker payudara lebih besar. Inilah alasannya kenapa kalau orang makin tua, pemeriksaannya juga harus lebih sering," ucapnya.
Skrining kanker payudara sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak perempuan pertama kali mengalami menstruasi. Sonar memaparkan, saat memasuki usia 20 tahun, perempuan disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari). Adapun perempuan di bawah usia 40 tahun disarankan menggunakan metode pemeriksaan ultrasound (USG) dan mereka yang berusia di atas 40 tahun dapat menggunakan mamografi.
"Saat ini kanker payudara adalah jenis kanker paling banyak yang ditemukan pada wanita. Hampir 30 persen dari seluruh kanker yang ada pada perempuan adalah kanker payudara," ungkapnya

0 komentar:

Posting Komentar