Posisi menentukan prestasi Dan Prestasi menetukan Posisi

Rabu, 24 Oktober 2012

Pencegahan Pembusukan Gigi


Fluoride
Zat fluoride adalah mineral yang sudah terbukti meningkatkan ketahanan gigi terhadap asam, sehingga mengurangi kemungkinan pembusukan gigi. Di banyak negara, zat fluoride ditambahkan dalam air minum. Bila di sumber air tempat anda kurang mengandung zat ini, sebaiknya berikan pada anak-anak fluoride tambahan berbentuk tablet atau obat cair.  Setelah tumbuh gigi, pemberian fluoride dalam bentuk pasta gigi atau obat kumur, akan sangat menolong.
Menu Makanan
Kandungan gula dalam makanan adalah penyebab utama pembusukan gigi. Mengurangi jumlah, frekuensi, dan jenis permen (gula yang lengket lebih jahat dibanding yang cair) yang dikonsumsi seorang anak adalah langkah terpenting dalam mencegah pembusukan gigi.
Minuman Malam
Jangan bolehkan seorang anak tidur dengan disertai botol berisi larutan bergula (sari buah, susu, atau lainnya). Cairan minuman ini akan mengumpul di sekitar gigi dan bisa menimbulkan pembusukan serius. Bila memang perlu memberinya minum botol, berilah ia air putih atau dot bersih.
Membersihkan Gigi Anak
Tujuan membersihkan gigi adalah membuang kerak bakteri (plak), (lapisan tak berwarna dan lengket yang senantiasa terbentuk, terutama di pertemuan gigi dan gusi).  Tanpa plak ini, tak akan terjadi pembusukan ataupun penyakit gusi.
Jagalah agar gigi anak selalu disikat dan dibersihkan, setidaknya sekali setiap hari. Pertama kali, bersihkan gigi dan gusi bayi dengan lap basah yang bersih. Mungkin yang paling enak adalah dengan memangkunya dan mendekap kepalanya ke dada. Berikutnya, biasakan dia menggunakan sikat gigi kecil dan odol yang lunak.
Namun jangan lupa mengajarnya berkumur dan membuang kumurannya. Posisi terbaik mengajar bersikat gigi adalah dari belakangnya. Di usia 6 tahun, anak sudah bisa menggosok  gigi sendiri. Penggunaan benang gigi sudah bisa dilakukan sendiri tanpa pengawasan setelah ia berusia 8 tahun.
Anda bisa memeriksa kebersihan giginya dengan menggunakan larutan atau tablet pewarna untuk mendeteksi adanya plak. Banyak anak yang dipermukaan gerahamnya terdapat cekungan dalam. Dokter gigi bisa memberi resin plastik di cekungan ini untuk membantu mencegah pembusukan.

0 komentar:

Posting Komentar