Posisi menentukan prestasi Dan Prestasi menetukan Posisi

Rabu, 02 November 2011

Potret Suram Pendidikan Kalbar


Siswa SMA Negeri 1 Jelimpo Kabupaten Landak belajar di pondok
ANTONIUS SUTARJO
Siswa SMA Negeri 1 Jelimpo Kabupaten Landak belajar di pondok karena kekurangan ruang belajar. Siswa tetap bersemangat di tengah minimnya fasilitas.
LANDAK – 
Patut dipertanyakan peran pemerintah saat ini. Kondisi miris terjadi pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMA Negeri 1 Kecamatan Jelimpo Landak. Akibat kekurangan ruang kelas, terpaksa belajar di pondok.
“Sekarang ini siswa kami berjumlah 124 orang dengan rombongan belajar 4 kelompok, sedangkan ruang kelas hanya ada tiga lokal saja. Jelas kurang,” kata MY Adir, Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 1 Jelimpo, kepada sejumlah wartawan, Senin (31/10).
Dengan kondisi bangunan ala kadarnya itu, jika hujan maka proses belajar mengajar dipindahkan ke ruang guru. Inilah sekelumit potret buram dunia pendidikan di Kalbar. Tak terhitung lagi kondisi serupa di kabupaten lain se-Kalbar.
Menurut Adir, tak mungkin membatasi anak-anak yang hendak mengenyam pendidikan. “Yang daftar kita terima. Kalau ternyata kelas kurang yang belajarnya di luar kelas,” paparnya. Sayangnya, antusias dan semangat siswa untuk belajar tak diimbangi dengan penyediaan anggaran yang sebetulnya sudah diamanahkan UU.
Lokasi sekolah di kecamatan hasil pemekaran Kecamatan Ngabang ini terletak tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Landak. Sekolah ini memang memiliki gedung yang dibangun sejak 2009 lalu. Siswa memang belajar di ruang kelas. Sebagian di ruang guru dan sisanya belajar di pondok sederhana beratapkan daun.
“Sekarang ini sekolah kami masih kekurangan ruang kelas. Hanya tiga ruang kelas saja. Kami masih kekurangan tiga ruang kelas lagi agar mencukupi,” ungkapnya.
Pondok itu, kata dia, memang sengaja dibuat pihak sekolah. Pemkab Landak diharapkan bisa menambah tiga ruang kelas lagi plus satu ruang laboratorium dan ruang praktik komputer. Namun demikian, meskipun sarana serbakekurangan, prestasi siswa di SMA Negeri 1 Jelimpo cukup membanggakan.
Banyak prestasi yang didapat antara lain dari olahraga bola voli dan prestasi lainnya. Rencananya sekolah ini akan membuat kolam renang untuk menambah keunggulan sekolah. (tar).

0 komentar:

Posting Komentar