Posisi menentukan prestasi Dan Prestasi menetukan Posisi

Senin, 25 Juni 2012

Jendela Johari


Dinamai nama pertama dari penemunya, Joseph Luft dan Harry Ingham, adalah salah satu model yang paling berguna menggambarkan proses interaksi manusia. Sebuah empat paned "jendela," seperti digambarkan di atas, membagi kesadaran pribadi menjadi empat jenis, yang diwakili oleh empat kuadran: terbuka, tersembunyi, buta, dan tidak dikenal. Garis membagi empat panel seperti penutup jendela, yang dapat bergerak sebagai kemajuan interaksi. 

Dalam model ini, setiap orang diwakili oleh jendela mereka sendiri. Mari kita menggambarkan saya: 

1. "Terbuka" kuadran merupakan hal yang baik saya tahu tentang diriku sendiri, dan bahwa Anda tahu tentang saya. Sebagai contoh, saya tahu nama saya, dan begitu juga Anda, dan jika Anda telah mengeksplorasi beberapa website saya, Anda tahu beberapa minat saya. Pengetahuan bahwa jendela mewakili, dapat mencakup tidak hanya informasi faktual, tapi perasaan saya, motif, perilaku, keinginan, kebutuhan dan keinginan ... memang, setiap informasi yang menjelaskan siapa saya. Ketika saya pertama kali bertemu orang baru, ukuran pembukaan ini kuadran pertama tidak terlalu besar, karena ada sedikit waktu untuk bertukar informasi. Sebagai proses untuk mengenal satu sama lain terus berlanjut, nuansa jendela bergerak ke bawah atau ke kanan, menempatkan informasi lebih lanjut ke jendela yang terbuka, seperti dijelaskan dibawah. 

2. The "buta" kuadran merupakan hal yang Anda tahu tentang saya, tapi saya tidak menyadari. Jadi, misalnya, kita bisa makan di restoran, dan saya mungkin tidak sadar mendapat makanan di wajahku. Informasi ini pada kuadran buta saya karena Anda bisa melihatnya, tapi aku tidak bisa. Jika Anda sekarang mengatakan bahwa saya memiliki sesuatu di wajahku, lalu tirai jendela bergerak ke kanan, memperbesar daerah kuadran terbuka itu. Sekarang, saya juga mungkin memiliki blindspots berkaitan dengan banyak hal lain yang lebih kompleks banyak. Misalnya, mungkin dalam percakapan berkelanjutan kami, Anda mungkin memperhatikan bahwa kontak mata tampaknya kurang. Anda mungkin tidak mengatakan apa-apa, karena Anda mungkin tidak ingin mempermalukan saya, atau Anda dapat menarik kesimpulan sendiri bahwa mungkin saya menjadi tidak tulus. Kemudian masalahnya adalah, bagaimana saya bisa mendapatkan informasi ini di tempat terbuka, karena dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan yang berkembang di antara kita? Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak tentang diriku sendiri? Sayangnya, tidak ada jawaban yang tersedia. Saya mungkin akan melihat sedikit keraguan di pihak Anda, dan mungkin ini dapat mengakibatkan sebuah pertanyaan. Tapi siapa tahu jika saya akan memilih ini, atau jika jawaban Anda akan di tandai. 

3. The "tersembunyi" kuadran merupakan hal yang saya tahu tentang diriku sendiri, bahwa Anda tidak tahu. Jadi misalnya, saya belum memberitahu Anda, juga tidak disebutkan di mana saja di website saya, apa yang rasa favorit saya es krim. Informasi ini di "tersembunyi" kuadran saya. Begitu aku bilang kalau aku cinta "Ben dan Jerry Cherry Garcia" es krim rasa, saya efektif menarik tirai jendela bawah, memindahkan informasi dalam kuadran tersembunyi saya dan memperluas lahan kuadran terbuka itu.Sekali lagi, ada sejumlah besar informasi, cerita hampir seluruh hidup saya, yang belum diungkapkan kepada Anda. Seperti kita mengenal dan saling percaya, maka saya akan merasa lebih nyaman mengungkapkan detail intim tentang diri saya sendiri. Proses ini disebut: "Self-disclosure." 

4. "Tidak dikenal" kuadran merupakan hal yang tidak saya tahu tentang diriku sendiri, atau Anda tahu tentang saya. Sebagai contoh, saya dapat mengungkapkan mimpi yang aku punya, dan kami berdua upaya untuk memahami signifikansinya, kesadaran baru mungkin muncul, diketahui tidak satu pun dari kami sebelum percakapan itu terjadi.Ditempatkan dalam situasi baru sering mengungkapkan informasi baru yang sebelumnya tidak diketahui diri dan orang lain. Sebagai contoh, saya belajar dari jendela Johari pada lokakarya yang dilakukan oleh psikiater Amerika Jepang di awal 1980-an. Selama workshop ini, dia menciptakan suasana yang aman perawatan dan kepercayaan antara berbagai peserta. Biasanya, saya takut berbicara di depan umum, tapi aku terkejut mengetahui bahwa dalam suasana seperti itu, tugas tersebut tidak perlu begitu menakutkan. Sebelum acara ini, saya lihat diri saya sendiri dan orang lain juga dilihat saya sebagai orang yang sangat pemalu. (Di atas sekarang mengingatkan saya pada sebuah lelucon lucu, yang saya tidak bisa menahan diri dari mengatakan Konon nomor satu ketakutan bahwa orang yang berbicara di depan umum. Jumlah mereka dua ketakutan sedang sekarat.. Dan nomor tiga ketakutan bahwa orang memiliki , sedang sekarat ketika berbicara di depan umum) demikian., situasi baru dapat memicu kesadaran baru dan pertumbuhan pribadi. Proses memindahkan informasi yang tidak diketahui sebelumnya dalam kuadran terbuka, sehingga memperbesar kawasan, telah disamakan dengan konsep Maslow aktualisasi diri.Proses ini juga dapat dilihat sebagai sebuah permainan, dimana kuadran terbuka ini identik dengan situasi menang-menang. 

Banyak, banyak lagi yang telah ditulis pada model jendela Johari interaksi manusia.Proses memperbesar kuadran terbuka disebut keterbukaan diri, sebuah proses memberi dan menerima antara aku dan orang yang saya berinteraksi dengan.Biasanya, karena saya berbagi sesuatu tentang diri saya sendiri (memindahkan informasi dari kuadran tersembunyi saya ke tempat terbuka) dan jika pihak lain yang tertarik untuk mengenal saya, mereka akan membalas, dengan sama mengungkapkan informasi pada kuadran tersembunyi mereka. Dengan demikian, interaksi antara dua pihak dapat dimodelkan secara dinamis sebagai dua aktif Johari jendela. Misalnya, Anda dapat menanggapi pengungkapan saya yang saya suka "Cherry Garcia" dengan membiarkan saya tahu apa es krim favorit Anda, atau di mana toko es krim baru sedang dibangun, jenis informasi pada kuadran tersembunyi Anda. Kebetulan, penggemukan, jadi hati-hati pada seberapa banyak Anda makan! 

Kami percaya pengungkapan yang sehat, setidaknya itulah yang mendapat kesan setelah membaca Freud. Namun, Anita Kelly baru-baru ini menulis bahwa diri pengungkapan rahasia pribadi memiliki bahayanya. Kita sering lebih baik tidak menceritakan rahasia tentang perilaku seksual kita, masalah kesehatan mental atau skala besar kegagalan. "Jika Anda memberi orang informasi tentang diri Anda, Anda memberi mereka kekuasaan atas Anda," katanya. Monica Lewinsky itu pengungkapan Linda Tripp dan skandal berikutnya yang menyelimuti Presiden Clinton adalah kasus di titik. Diperingatkan bahwa rahasia paling bisa diteruskan kepada setidaknya dua partai lagi. Orang juga salah menilai bagaimana orang lain menanggapi rahasia. Kadang-kadang Anda mendapatkan umpan balik negatif. Sebagai contoh, perempuan yang mengungkapkan bahwa dia diperkosa dapat dilihat di masa depan sebagai korban, atau dengan laki-laki sebagai barang rusak. Sekarang, jika Anda harus memberitahu rahasia kepada seseorang, memilih orang yang sangat hati-hati. Memilih seseorang yang respon akan memberikan beberapa wawasan ke dalam masalah Anda.Sayangnya, orang tersebut sering sulit ditemukan. Jadi jika Anda tidak dapat menemukan orang yang tepat, pertimbangkan ini: bahwa menjaga rahasia sehat dan berselera tinggi, karena merupakan cara untuk mengelola identitas Anda, dan menunjukkan Anda aman dan memiliki kontrol diri. Tapi itu butuh energi, karena Anda harus waspada konstan untuk tidak sengaja mengungkapkan sesuatu yang berpotensi merusak. 

Sebagai tingkat yang percaya diri dan harga diri berkembang, salah satu aktif dapat mengundang orang lain untuk mengomentari kelemahan seseorang. Seorang guru dapat meminta umpan balik dari siswa pada kualitas kuliah tertentu, dengan keinginan untuk meningkatkan presentasi. Keterampilan mendengarkan secara aktif membantu dalam usaha ini. Di sisi lain, kita semua memiliki pertahanan, melindungi bagian-bagian diri kita yang kita merasa rentan. Ingat, kuadran buta berisi perilaku, perasaan dan motivasi tidak dapat diakses oleh orang, tetapi yang lain dapat melihat. Perasaan tidak mampu, tidak kompeten, impotensi, tidak layak, penolakan, rasa bersalah, ketergantungan, ambivalensi untuk orang yang dicintai, kebutuhan untuk mengendalikan dan memanipulasi, semua sulit untuk menghadapi, namun dapat dilihat oleh orang lain.Untuk mengungkapkan apa paksa lain ingin untuk tidak melihat, adalah "pemerkosaan psikologis," dan dapat traumatis. Untungnya, alam telah memberikan kita dengan berbagai mekanisme pertahanan untuk mengatasi kejadian seperti itu, seperti penyangkalan, mengabaikan, rasionalisasi, dll 

Jendela Johari, pada dasarnya menjadi model untuk komunikasi, juga dapat mengungkapkan kesulitan di daerah ini. Dalam hal Johari, dua orang berusaha untuk berkomunikasi melalui kuadran terbuka. Pada tingkat yang paling sederhana, kesulitan mungkin timbul karena kurangnya kejelasan dalam interaksi, seperti tata bahasa yang buruk atau pilihan kata, pikiran tidak terorganisir, logika yang salah dll Hal ini mendorong penerima untuk mengkritik Anda, pengirim, oleh sesuatu yang mengungkapkan pada kuadran buta Anda. 
Kemudian, jika umpan balik bekerja, Anda memperbaikinya segera, atau mungkin pada pendekatan jangka panjang lebih mengambil kursus dalam membaca dan menulis. Pada tingkat yang lebih dalam, Anda mungkin dalam pertemuan kelompok, dan saat Anda diam-diam bersimpati dengan sudut pandang minoritas, Anda terpilih dengan mayoritas. Namun, buta kepada Anda, Anda sebenarnya bisa berkomunikasi informasi ini melalui bahasa tubuh, bertentangan dengan pesan verbal Anda. Pada tingkat lebih dalam, Anda dalam interaksi dengan orang lain, mungkin selalu memasang wajah, tersenyum senang, menyembunyikan semua perasaan negatif. Dengan menahan perasaan negatif, Anda mungkin menandakan ke teman Anda untuk menahan juga, dan menjaga jarak. Jadi, gaya komunikasi Anda mungkin terasa hambar atau jauh. 

Dan jangan lupa perumpamaan tentang orang buta dan gajah. Masyarakat kita ini dibangun sehingga banyak dari kita menjadi sangat khusus, hanya mengetahui bidang akademik kecil sangat baik, sementara hampir tidak tahu tentang semua orang lain.Spesialisasi ini sangat membutakan banyak dari kita dengan apa yang terjadi di dunia saat ini. Menurut R. Buckminister Fuller, sistem pendidikan dilakukan dengan sengaja, untuk menyalurkan orang yang paling cerdas ke spesialisasi, memungkinkan mereka untuk menjadi lebih mudah dikontrol. Noam Chomsky telah membuat komentar serupa berkaitan dengan perusahaan manufaktur, dan bagaimana tulisan-tulisan Adam Smith telah sengaja salah mengartikan. Lihat Pendidikan webpageOn saya. 

Dalam pembangunan website ini, saya menempatkan lebih dari pengetahuan saya dalam kuadran terbuka. Saya sadar menggunakan model Johari untuk meningkatkan kesadaran dunia saya. Jika Anda melihat salah satu kelemahan saya, jangan ragu untuk menghubungi saya, dan biarkan aku tahu!

0 komentar:

Posting Komentar